sapi perah


SERUNYA BETERNAK SAPI PERAH

  
  Gbr. Aktivitas peternak saat memeras susu di kandang 

Sapi merupakan hewan yang bisa dikatakan memiliki banyak sejuta manfaat, dari daging, susu, anakan bahkan kulit bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan menguntungkan. Di Tulungagung salah satunya disana ada sosok yang menekuni bisnis beternak sapi perah bernama Pak. Suprianto.

Pak. Suprianto merupakan warga Desa Tulungagung Jawa Timur, ia lebih memilih beternak sapi perah dibandingkan dengan harus beternak sapi biasa. Dengan alasan “beternak sapi perah lebih menguntungkan” tuturnya. Sapi perah memiliki perbedaan dengan sapi biasa yang hanya diambil dagingnya, sapi perah bisa menghasilkan produk lain yaitu susu. Dengan beternk sapi perah hasilnya lebih menentu, bisa juga dihitung perbulan, selain susu yang memiliki omzet yang besar, anakan sapi perah juga memiliki nilai jual yang tinggi. Dibandingkan dengan sapi biasa, perkembangbiakan sapi perah cenderung lebih cepat, yaitu setiap dua tahun sekali sudah dipastikan sapi perah selalu melahirkan anakan.
“Namun, beternak sapi perah juga memiliki beberapa kendala, pakan utuk sapi perah cenderung lebih mahal, karena tidak hanya diberi rumput saja. Akan tetapi, sapi perah juga perlu diberikan bekatul dan suplemen sebagai makanan tambahan untuk sapi perah agar memiliki kualitas yang baik, selain itu juga produk susu yang dikasilkan lebih banyak. Selain itu dengan pemberian suplemen dan vitamin berfungsi untuk pencegahan sapi perah terserang penyakit, karena sapi perah sangat rentan terserang penyakit”. Jelas Pak. Suprianto.
Tempat tinggal atau kandangnya juga harus rutin dibersihkan, itu merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. “Jika perlu setiap hari harus dimandikan”, tuturnya.
Cara perawatan sapi perah juga tidak terlalu sulit, sebelum susu diperah harus diberi makan bekatul yang sudah dicampur air terlebih dahulu, setelah itu baru dilanjutkan dengan pemberian rumput. Pemberian pakan untuk sapi perah dilakukan setiap 2 kali dalam sehari, dilakukan pada pagi dan sore hari. Untuk penghasilan beternak sapi perah sangatlah menggiurkan dan tidak perlu diragukan lagi yaitu sekitar 2-3 juta/bulan dan ini sudah terpotong untuk biaya pakan sapi perah seperti bekatul ataupun suplemen.
Yang terpenting dalam beternak sapi perah adalah sifat ketelatenan dan ketekunan dalam perawatan sapi perah itu sendiri. Pemasaran untuk produk sapi perah berupa susu juga dibutuhkan manajemen yang baik, dengan dibantu akan semakin canggihnya teknologi pemasaran akan semakin luas dan lebih efektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sego Cawuk Orang Using Banyuwangi

Keunikan Taman Sritanjung